January 7, 2020

Tradisi Memecahkan Piring - Denmark

Kalau di Indonesia memecahkan kaca atau piring mengisyaratkan hal yang kurang baik, hai ini bisa bermakna sebaliknya di Denmark. Di negara yang terletak di bagian utara benua Eropa ini memiliki ritual tahun baru yang unik, yaitu melemparkan piring / kaca ke pintu depan atau tembok di malam pergantian tahun baru.

Tradisi unik ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan bagi si pemilik rumah. Di malam pergantian tahun baru, para pemilik rumah akan menyediakan tumpukan piring atau kaca yang sudah tidak terpakai untuk dilemparkan oleh para tetangga atau penduduk sekitar. Semakin tinggi tumpukan pecahan piring / kaca di depan pintu atau tembok, mengindikasikan bahwa si pemilik rumah adalah orang yang cukup dikenal banyak orang.

Selain tradisi melempar piring / kaca, para masyarakat Denmark juga memiliki tradisi melompat dari kursi tepat pada pukul 00.00 tanggal 1 Januari yang melambangkan tibanya mereka di tahun yang baru. Jadi jangan kaget bila saat Anda bertamu ke rumah kerabat Anda di Denmark saat malam tahun baru, dan mereka melompat dari kursi tepat pada tengah malam.